
Kesehatan karyawan adalah hal yang sangat penting untuk perhatikan oleh perusahaan. Baik untuk karyawan yang sudah lama bekerja di perusahaan tersebut, maupun karyawan yang baru memulai masa kerja. Perusahaan yang memperhatikan kesehatan karyawan dengan memberikan manfaat kesehatan artinya dapat menjaga aset utama pada era modern ini.
Pemberian manfaat kesehatan kepada karyawan dapat dilakukan dengan beragam strategi yang efisien, sehingga lebih ramah anggaran dan tetap memberikan fasilitas yang mendorong produktivitas karyawan secara optimal. Cara yang dilakukan ini tidak hanya meminimalisir beban finansial perusahaan, tetapi dapat menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan produktif. Berikut ini cara untuk menerapkan manfaat kesehatan dengan biaya yang lebih hemat.
Fleksibilitas Waktu Kerja
Manfaat kesehatan bukan hanya tentang bagaimana mengelola sistem kesehatan perusahaan, melainkan memperhatikan waktu kerja bagi karyawan juga menjadi salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan karyawan. Salah satunya dengan memberikan fleksibilitas waktu dalam bekerja.
Waktu kerja yang fleksibel, memungkinkan karyawan untuk membagi waktu kerja secara mandiri, sehingga dapat mengurangi risiko burn-out atau stres dalam bekerja. Ritme kerja yang terlalu diforsir akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan karyawan. Maka dari itu, menyediakan waktu kerja yang fleksibel dapat meningkatkan kesehatan karyawan.
Program Kesehatan Mental
Di era modern ini, semakin banyak perusahaan yang peduli terhadap kesehatan mental karyawan. Merujuk pada poin nomor 1, dimana fleksibilitas waktu dalam bekerja dapat mengurangi risiko burn-out dalam bekerja. Selain waktu kerja yang fleksibel, perusahaan dapat memberikan program kesehatan mental.
Program kesehatan mental yang disediakan dapat berupa akses layanan konsultasi digital untuk karyawan yang memiliki masalah kesehatan mental. Hal ini berguna bagi perusahaan untuk mengetahui kondisi kesehatan mental karyawan, dan dapat melakukan perawatan sesuai dengan kebutuhan kesehatannya.
Program Olahraga Rutin
Kesibukan di kantor tak jarang membuat seseorang sulit untuk mengimbangi dengan olahraga. Padahal, olahraga tetap penting untuk dilakukan, agar kesehatan fisik dan mental tetap terjaga. Oleh karena itu, perusahaan dapat mengadakan program olahraga rutin sebagai bentuk pemberian manfaat kesehatan.
Program olahraga dapat diselenggarakan dari yang paling mudah untuk dilakukan, mulai dari senam di kantor, jogging bersama sepulang kerja, atau olahraga lainnya yang dapat dilakukan bersama-sama. Program olahraga rutin bisa diselenggarakan setiap satu minggu sekali, dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran terhadap karyawan akan pentingnya berolahraga.
Terapkan Work Life Balance
Pemberian manfaat kesehatan selanjutnya bisa dilakukan dengan menerapkan work life balance. Hal ini berkaitan dengan poin 1 dan poin 3, dimana dengan menyediakan waktu kerja yang fleksibel, dibarengi dengan program olahraga rutin, maka tercipta work life balance yang dapat meningkatkan kesehatan karyawan.
Bukan hanya waktu kerja fleksibel dan olahraga rutin saja, work life balance juga dapat dilaksanakan dengan menyediakan ruang untuk menyeimbangkan kesibukan bekerja dengan menjalani kehidupan pribadi yang dijadikan sebagai kegiatan untuk menyegarkan pikiran dari rutinitas sehari-hari.
Asuransi Kesehatan Digital
Manfaat kesehatan yang tak kalah penting lainnya adalah pemberian asuransi kesehatan digital. Perusahaan dapat menyediakan biaya kesehatan yang bisa digunakan oleh karyawan untuk melakukan perawatan atau pemeriksaan di fasilitas layanan kesehatan.
Biaya kesehatan yang disediakan oleh perusahaan dikelola oleh penyedia ASO seperti izihealth. Dengan fitur yang lengkap dan dirancang untuk memudahkan HR dalam melakukan monitoring alur klaim asuransi yang lebih transparan dan pengecekan secara real-time.
ASO izihealth bukan hanya memberikan kemudahan bagi HR dalam memantau alur klaim asuransi saja, melainkan fitur yang disediakan juga memudahkan karyawan dalam melakukan klaim asuransi dengan fitur cashless, sehingga proses klaim lebih mudah, cepat, aman, dan efisien.
ASO izihealth dilengkapi dengan layanan telekonsul, sehingga karyawan yang sedang dalam kondisi sakit dapat berkonsultasi melalui layanan daring tanpa perlu meluangkan waktu untuk datang ke rumah sakit. Hal ini memudahkan karyawan dalam mengakses layanan kesehatan kapan saja dan dari mana saja.
Manfaat kesehatan tentu tidak hanya berguna bagi karyawan sebagai penerima manfaat, tetapi dapat memberikan keuntungan juga bagi perusahaan karena dengan manfaat kesehatan yang diberikan, karyawan akan lebih produktif dan loyal terhadap perusahaan. Mari tingkatkan produktivitas dan loyalitas karyawan dengan pemberian manfaat kesehatan dengan menggunakan ASO dari izihealth!
Sumber :