Kenali ASO Lebih Dekat: Solusi Cerdas untuk Manajemen Klaim Kesehatan Perusahaan

Perusahaan memiliki tanggungjawab untuk memberikan tunjangan kesehatan yang termasuk ke dalam employee benefits. Tunjangan kesehatan tersebut bisa berupa BPJS maupun asuransi swasta. Akan tetapi, tidak sedikit perusahaan yang memutuskan untuk mengelola sendiri biaya kesehatan karyawan dan menggunakan ASO dalam mengatur administrasinya.

Apa itu ASO?

Administration Services Only (ASO) adalah sistem pengelolaan manfaat kesehatan karyawan yang digunakan oleh perusahaan sebagai pemberi kerja yang menyediakan dana klaim secara mandiri. Perusahaan yang menggunakan ASO dalam mengelola dana kesehatan, tidak perlu membayar premi bulanan seperti pada asuransi konvensional. Perusahaan hanya membayarkan biaya sesuai dengan nominal klaim dan administrasinya.

ASO memberikan kemudahan bagi perusahaan untuk memonitor secara langsung anggaran kesehatan karyawan sesuai dengan ketentuan perusahaan secara efektif dan efisien. Pada sistem ini, perusahaan menyediakan dana cadangan yang dikhususkan untuk membayar klaim kesehatan karyawan. Selanjutnya, ASO yang akan menangani proses penjaminan, proses klaim, mengelola pendaftaran, hingga laporan klaim.

Keunggulan ASO yang Menguntungkan Perusahaan

ASO kini sudah banyak digunakan oleh perusahaan karena dinilai lebih efektif dalam mengelola biaya kesehatan yang lebih efektif dan terhindar dari pembengkakan biaya. Ada beberapa keunggulan ASO, di antaranya :

Biaya Kesehatan Terkendali

Sistem ASO memudahkan pengelolaan biaya kesehatan lebih terkendali. Apabila perusahaan turut serta dalam program asuransi, maka perlu membayar premi sesuai yang ditentukan, meski realisasinya manfaat kesehatan tidak digunakan seluruhnya. Hal ini menyebabkan terjadinya pembengkakan anggaran kesehatan.

Dengan adanya ASO, perusahaan tidak perlu membayar premi, melainkan hanya perlu melakukan pembayaran sesuai dengan pemakaian yang riil. Sistem ini memudahkan perusahaan untuk menyesuaikan alokasi dana sesuai dengan kebutuhan, mencegah pemborosan dana perusahaan, dan menghindari pembayaran biaya tersembunyi.

Kustomisasi Program Kesehatan

Setiap karyawan memiliki kebutuhan manfaat kesehatan yang berbeda-beda, sesuai dengan riwayat kesehatan, usia, dan gaya hidup masing-masing. Dengan sistem ASO, perusahaan dapat lebih fleksibel dalam melakukan kustomisasi program kesehatan sesuai dengan kebutuhan karyawan.

Dalam hal ini, perusahaan bebas memilih plafon perawatan sesuai kebutuhan, jenis layanan yang ditanggung, hingga pemilihan jaringan provider yang dapat melayani pemeriksaan karyawan. Sehingga perusahaan lebih mudah mengontrol biaya perawatan untuk karyawan yang membutuhkan.

Transparansi Proses Klaim

Proses klaim asuransi yang tidak transparan dapat menimbulkan pembengkakan biaya karena proses klaim tidak terkontrol dengan baik. Biaya yang sudah disiapkan di awal, tidak menutup kemungkinan adanya biaya lain-lain yang semestinya tidak dibayarkan oleh perusahaan.

Dengan adanya ASO, proses klaim asuransi lebih transparan, sehingga perusahaan dapat memantau secara langsung penggunaan manfaat kesehatan, jumlah klaim, jenis layanan yang digunakan, dan mencegah pemborosan. Data yang ditampilkan dapat membantu HR serta manajemen dalam mengambil keputusan.

Mitigasi Risiko Biaya Medis

Pembengkakan biaya medis tidak jarang terjadi ketika proses klaim tidak transparan. Maka dari itu, perusahaan membutuhkan sistem yang dilengkapi dengan fitur untuk mitigasi risiko biaya medis. Salah satunya dengan case monitoring dari ASO.

ASO yang dilengkapi dengan fitur case monitoring, dapat membantu dalam mendeteksi dini atas lonjakan biaya kesehatan, intervensi klaim yang tidak wajar, dan membuat rencana kesehatan preventif untuk menekan biaya klaim di kemudian hari. Hal ini dapat memudahkan perusahaan dalam mengontrol biaya medis yang disediakan untuk karyawan. 

Sistem Klaim Digital dengan Dukungan Penuh

Proses klaim yang rumit akan menyulitkan karyawan sebagai pemegang asuransi, sehingga dibutuhkan sistem yang memudahkan dalam proses klaim asuransi. ASO memiliki sistem klaim digital lengkap dengan frontend dan backend, monitoring kasus serta discharge planning, laporan secara berkala, dan layanan customer care 24 jam.

Sistem klaim digital yang mudah digunakan dan lengkap dengan dukungan customer care dapat memberikan pengalaman terbaik bagi karyawan dalam melakukan klaim asuransi. Kapanpun proses klaim dilakukan, tidak akan terhambat dengan adanya sistem yang memudahkan pemegang asuransi. Apabila terdapat kendala, dapat menghubungi layanan customer care.

Penggunaan ASO dapat membantu HR dalam mengontrol biaya kesehatan yang disediakan untuk karyawan. Salah satu sistem ASO yang dapat digunakan oleh perusahaan adalah izihealth. Dilengkapi dengan fitur yang memudahkan untuk klaim secara cashless, sistem frontend dan backend, reimbursement, serta case monitoring, izihealth memberikan kemudahan bagi perusahaan untuk mengelola employee benefits, dan kemudahan klaim bagi karyawan. Hubungi sales izihealth untuk solusi klaim asuransi karyawan!


Kembali