
izihealth adalah penyedia layanan Administration Services Only (ASO) yang mengontrol biaya operasional manfaat kesehatan, administrasi, dan mengelola klaim asuransi. ASO izihealth dihadirkan untuk membantu perusahaan dalam mengontrol biaya kesehatan yang diberikan kepada karyawan untuk meminimalisir pembengkakan biaya.
ASO izihealth dapat digunakan oleh karyawan dengan dua cara, yaitu metode cashless dan reimbursement. Metode cashless dapat digunakan di provider / rumah sakit & klinik yang sudah bekerjasama dengan izihealth. Caranya pun mudah, hanya perlu menunjukkan kartu digital pada aplikasi menu Healthcare di aplikasi Bayarind saat berada di kasir.
Selanjutya, provider akan memverifikasi data ke izihealth terkait benefit yang didapatkan oleh peserta asuransi. Apabila seluruh data sudah sesuai, dan dikonfirmasi biaya dapat ditanggung sepenuhnya oleh izihealth, maka akan dilakukan proses pembayaran oleh izihealth langsung ke provider. Peserta asuransi hanya perlu menunggu hingga proses selesai.
Jika saat melakukan pembayaran di kasir ada biaya tidak tertanggung oleh izihealth atau dengan kata lain excess, maka peserta asuransi perlu melakukan pembayaran sesuai dengan nominal biaya yang tidak ditanggung oleh izihealth. Biaya tersebut tidak bisa dilakukan reimburse ke izihealth, melainkan ditanggung sepenuhnya oleh peserta asuransi.
Sistem Reimburse izihealth
Peserta asuransi tetap bisa melakukan pengobatan atau konsultasi di provider yang belum bekerjasama dengan izihealth, dan biaya yang dibayarkan tetap bisa dilakukan reimbursement atau penggantian dana, apabila pengobatan yang dilakukan merupakan pengobatan yang ditanggung oleh izihealth.
Proses reimburse di izihealth dilakukan dengan mudah tanpa ribet. Peserta asuransi hanya perlu melakukan beberapa tahapan berikut :
- Buka aplikasi Bayarind, dan masuk ke menu Healthcare
- Pilih menu “Reimburse”
- Klik “Request Reimbursement”
- Pilih “Plan” : Outpatient / Inpatient / Dental / Maternity / Glasses / Medical Check Up
- Tulis deskripsi atau keterangan reimburse
- Unggah data pendukung
Terdapat beberapa data pendukung yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pengunggahan untuk mencegah penolakan saat mengajukan klaim reimbursement, di antaranya :
- Lembar Medis (jika ada)
- Resep Obat (jika ada)
- Hasil Lab (jika ada)
- Rekam Medis lengkap dengan keluhan dan diagnosa
- Invoice
- Dokumen Biaya Pengeluaran
Setelah semua dokumen lengkap, kirim data dengan klik “Submit”. Selanjutnya, tim claim analyst dari izihealth akan melakukan verifikasi data, dan mengkonfirmasi ke peserta asuransi apabila ada data yang kurang. Data yang belum lengkap, dapat diunggah ulang pada aplikasi izihealth untuk memudahkan proses verifikasi. Apabila data sudah lengkap, proses reimbursement akan dilakukan maksimal 10 hari kerja.
Jika masih ada yang belum dipahami tentang bagaimana melakukan reimbursement, atau ingin mengetahui limit employee benefit, dapat menghubungi tim Customer Care izihealth yang aktif setiap hari selama 24 jam, melalui telepon 021 8062 7982 atau WhatsApp 0815-8454-8909. Mudahkan pengelolaan manfaat kesehatan karyawan dengan izihealth!